05 Jun 2021

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Gubernur Sulbar Tekankan Jaga Lingkungan

 

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 tingkat Provinsi Sulbar diperingati di Lingkungan Pulele, Kecamatan Darma, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu, 5 Juni 2021.

Tahun ini, peringatan Hari Lingkungan Hidup mengusung tema " Restorasi Ekosistem".

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya untuk menjaga lingkungan.

"Sebagaimana juga dalam salah satu visi misi Gubernur terkait dengan lingkungan. Kita mau Smart, Marasa dan Malaqbiq tidak terlepas dari bagaimana betul-betul kita menjaga lingkungan. Jika lingkungan rusak dan tidak terjaga dengan baik, maka akan hancurlah daerah kita. Untuk itulah, kepada kita semua betul -betul harus jaga lingkungan ini, kalau bukan kita semua, siapa lagi yang akan peduli ," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ali Baal Masdar juga menyampaikan perlunya manajemen yang baik dalam melestarikan lingkungan hidup dengan tetap harus menjaga keseimbangannya. 

"Di satu sisi , bebas mengambil sesuatu, sementara di pihak lain juga harus menjaganya. Jadi bagaimana menyeimbangkan ini, antara pemerintah dan masyarakat. Kalau disini saya lihat, masyarakat di sini semua sadar, bahkan hampir setiap tahun dalam tiap enam bulan mereka keliling desa untuk memperbaiki tatanan yang ada,"kata Ali Baal

Mantan Bupati Polman dua periode tersebut juga menyampaikan, di Mandar terdapat permasalahan lingkungan, misalnya jalan setapak di sungai sudah dipenuhi pohon coklat, begitupun dengan bendungan-bendungan telah terjadi kekeruan air dan tercemar dengan banyaknya sampah plastik dan lainnya.

"Hal ini yang harus dicegah semuanya,"tegasnya.

Olehnya itu, Ia berharap, agar kedepan semuanya bekerja keras dan bekerja ekstra bagaimana memperbaiki tatanan lingkungan hidup, agar ekosistem bisa terjaga dengan baik.

"Ini yang kita harapkan. Tidak lama sebenarnya, kalau kita bersungguh-sungguh, dan pasti bisa kalau semua peduli. Jadi sebelum terjadi bencana dan terkuras habis semuanya, kita perbaiki cepat untuk Indonesia yang tercinta,"tandasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aco Takdir menyampaikan, sesuai tema tahun ini yaitu Restorasi Ekosistem, yang berarti sebagai upaya bersama untuk melakukan penyesuaian berpikir dan bertindak secara kolektif dalam mencegah, mengurangi bahkan menghentikan ekosistem yang terjadi di sekitar kita. 

Kegiatan tersebut juga hadir Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, Sekkab Polman, Bebas Manggazali , sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar dan Pemkab Polman, dan undangan lain. (rls)

 

 

 

 

 

Read 316 times
(0 votes)