28 Feb 2021

Layanan di 11 Puskesmas Terdampak Gempa Kembali Beroperasi

 

Layanan kesehatan di  puskesmas yang terdampak gempa sudah mulai beroperasi. Untuk sementara, kegiatan  dilaksanakan di bawah tenda,  karena gedung dalam kondisi rusak. 

" Ada 11 puskesmas,  8 di Kabupaten Mamuju, 3 lainnya berada di  Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene. Sekarang semuanya telah berjalan sebagaimana mestinya, namun mereka masih harus bekerja di bawah tenda," tutur Kepala Bidang Kesehatan, Satgas Transisi Darurat,  dr. Muhammad Ikhwan. 

Selama setelah gempa, lanjutnya, aktivitas pelayanan kesehatan kepada warga tidak dipusatkan di satu tempat. Tetapi, tenaga medis puskesmas melakukan pelayanan dengan cara, dari rumah ke rumah atau dari tenda ke tenda warga.

"Pihak puskesmas sangat terbantu dengan banyaknya tim medis dari berbagai kelompok relawan yang datang membantu korban gempa.  

Kita berharap, untuk selanjutnya dapat bekerja sama dengan relawan untuk memusatkan kegiatan pelayanan di puskesmas" harap Ikhwan. 

Ditanya tentang stok obat-obatan di puskesmas tersebut, Ikhwan menyebutkan tidak ada kendala. Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Barat sesegera mungkin melakukan kegiatan pengadaan obat. 

"Stok seperti biasa, tidak ada masalah. Hanya kita akan lakukan percepatan pengadaan obat karena dukungan stok dari pemerintah pusat tidak cukup. Selain itu, memang beberapa jenis obat, stoknya mulai berkurang" ucap Ikhwan, yang juga Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinkes Prov Sulbar. 

Sementara soal perbaikan gedung puskesmas, masih menunggu assesment dan renovasi oleh instansi yang berwenang. Belum diketahui persis kapan assesment dan perbaikan itu dilaksanakan. *** (Farid/Bidang data informasi dan humas Pos Komando Transisi Darurat)

Read 595 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments