20 Nov 2020

Dinas Kominfo Sulbar Gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pada Lingkup Pemerintah Provinsi Sulbar

Untuk menunjang SPBE di pemerintah Sulawesi Barat, dinas Kominfo,persandian dan statistik, menggelar rapat  Koordinasi Pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik  (SPBE) pada lingkup pemerintah Provinsi Sulbar,yang digelar dilantai IV kantor gubernur Sulbar, Kamis 19 September 2020. Rapat tersebut dihadiri asisten II Junda Maulana, Kadis Kominfo,persandian,statistik Sulbar, Safaruddin, Sekretaris Kominfo Mustari Mula, Kabid layanan E Goverment Ridwan Djafar dan para sekretaris lingkup Pemprov Sulbar.

Pada sambutannya, Junda Maulana menjelaskan, kegiatan yang berlangsung,kiranya kita tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni 3 M, memakai masker, menjaga jarak dan  mencuci tangan, agar kita semua dapat menjaga dengan baik imun dan kesehatan.  Pandemik yang melanda seluruh dunia mengharuskan untuk bisa terbiasa dengan proktokol kesehatan, begitu juga dengan dengan pengunaan teknologi internet, yang saat ini digunakan sebagai bahan interaksi online yang sudah menjadi kebutuhan dasar dan utama. Transformasi  yang inovatif tersebut, tentu harus bermula dari tubuh birograsi pemerintahan sebagai pelayanan publik. 'kita harus siap dan segera melakukan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, (SPBE) sesuai dengan amanat peraturan Presiden  nomor 95 tahun 2018 yang lebih terkoordinasi dan terintegrasi,"ujarnya.

Melihat kesiapan tentu harus didukung dengan SDM dan sarana. Walaupun diketahui bahwa Sulawesi Barat masih terdapat kekurangan dalam urusan teknologi atau jaringan. Terutama pada kemampuan sumber daya manusia dan keterbatasan infrastruktur digital utamanya didaerah pedalaman. Untuk itu kita harus bisa memulai dengan mempersiapkan  sumber daya manusia yang handal , sarana dan prasarana dan serta manajemen yang baik, agar apa yang kita capai dapat terlaksana sesuai amanat Presiden RI.  

Lanjut katanya, bahwa kita harus menyamakan persepsi dan dalam forum rakor ini kiranya kita bisa bersama-sama membahas berbagai informasi dan isu strategis yang dibutuhkan dan merekomendasikan berbagai hal yang mesti dilakukan agar transformasi digital pada pemerintahan Sulbar dapat terwujud secara optimal  untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, masyarakat yang cerdas dan produktif serta mengakselerasi daerah kita menjadi semakin maju dan modern

"agar langkah ini berhasil perlu kolaborasi dan sinergi seluruh stakeholder penyelenggara pemerintahan pemprov Sulbar yang dimulai dengan kesamaan pemahaman, kemauan bekerja dan mendukung pelaksanaan SPBE yang  terintegrasi. Semoga apa yang kita harapkan bersama dapat segera tercapai dengan lancar. Diharapkan agar para peserta yang hadir dapat bersungguh-sungguh untuk menyimak sehingga kita dapat menyatukan persepsi dan langkah selnjutnya,Ujar mantan kepala Bappeda Sulbar. 

Selain itu, kadis kominfo, Safaruddin turut membawakan materi tentang pelaksanaan  kebijakan SPBE Pemprov Sulbar untuk trasnformasi sedangkan Kabid, layanan E Goverment,Ridwan Djafar membawakan materi tentang Reviw implementasi teknis SPBE pemprov Sulbar.        

Read 676 times
(0 votes)