15 Okt 2020

PAUD Di Sulbar Diharapkan Bisa Menelorkan Generasi Yang Cerdas, Sehat Dan Mandiri

Gubernur Sulbar H Muhammad Ali Baal Masdar membuka rapat koordinasi Bunda Paud Tingkat Provinsi Sulbar, Senin 12 Oktober sampai 14 Oktober  2020 di Hotel Matos. Kegiatan tersebut dihadiri pula Ketua Bunda Paud Sulbar Hj Andi Ruskati  Ali Baal,  Kepala BP PAUD, DR Andi Rusdi M.Pd, Bunda PAUD Se Sulbar, Kepala BKKBN Sulbar, Nuryamin, Dinas Kesehatan Se Sulbar, Dinas Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Se Sulbar,Dinas Pendidikan yang membidangi PAUD Se Sulbar, PKK Se Sulbar, Himpaudi Se Subar, ,IGTKI Se Sulbar, dan dinas terkait Se Sulbar. 

Pada sambutan Gubernur Sulbar H Andi Ali Baal Masdar,  mengatakan bahwa pertemuan  rapat koordinasi bunda PAUD Tingkat Provinsi Sulbar tahun ini yang akan berlangsung tiga hari dilaksanakan di tengah pandemik. Namun walaupun ditengah pendemik kita berharap agar para peserta tetap memenuhi protokol kesehatan dengan memakai masker,jaga jarak dan jangan lupa cuci tangan, begitupun jika kita berada di rumah,tutur Ali Baal. 

Kita mengetahui bahwa anak adalah aset negara aset bangsa dan daerah yang harus kita selamatkan masa depannya. Anak yang cerdas tentu harus didukung dengan pola asuh yang yang baik yang harus ditunjang dengan pola hidup yang sehat, yang dimulai sejak menjadi janin pada masa kehamilan,lahir,berkembang menjadi anak dan dewasa. Itu diperlukan perhatian penuh baik ibu dan bayinya. Pola hidup sehat dengan ditunjang makanan yang bergizi, vitamin dan lingkungan yang sehat tentu menjadi langkah awal agar anak yang dilahirkan nanti dapat lahir dengan sehat dan bisa berkembang dengan baik masa anak anaknya. Di sini dibutuhkan peran orangtua,peran PAUD dan pemerintah untuk bisa mensukseskan generasi yang cerdas,berkuaitas sehat dan mandiri,Kata Mantan Bupati Polman dua periode ini.  

"Rapat ini sangat penting mengingat PAUD adalah salah satu ujung tombak dalam menciptakan anak anak yang berkualitas, sehingga rapat koordinasi yang di gelar ini telah hadir ketua Bunda PAUD Sulbar Hj Andi Ruskati dan bunda PAUD se Kabupaten serta stakeholder terkait agar dapat duduk bersama  membahas program apa saja yang menjadi prioritas dan dapat berbagi ilmu dan masukan agar bersinergik mendukung pengembangan PAUD baik ditingkat  Provinsi dan Kabupaten. Hal itu nantinya diharapkan lahirnya generasi yang sehat cerdas dan berkualitas di daerah yang kita cintai ini,ujar Ali Baal. 

Maka dengan Kesempatan ini kita berharap semoga seluruh rangkaian acara ini dapat berjalan dengan lancar tertib dan sukses serta jangan lupa tetap memenuhi peraturan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid 19 dengan mencuci tangan, jaga jarak dan jangan lupa pakai masker,Tutupnya. 

Selain itu, Ketua Paud Sulbar Hj Andi Ruskati  Alibaal saat memberikan materi kepada para peserta, mengatakan Pendidikan Anak Usia Dini yang di singkat PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pembinaan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan pengembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan. 

Peran PAUD tentunya sebagai titik sentral strategi pembangunan yang fundamental yang menentukan perkambangan anak selanjutnya agar anak  mendapatkan pembinaan sejak dini dan mendapatkan keamanan dalam lingkungan serta kesehatan yang baik. 

Lanjut Dikatakan Ruskati yang juga anggota DPR RI ini,  implikasi dalam pengeloaan PAUD yang berkualitas dibutuhkan empat pilar yang pertama adalah, memperhatikan terkait gizi yang seimbang,   hidup sehat,aktivitas fisik dengan olaharaga dan memantau berat badan anak serta kesehatan anak, penyelenggaraan PAUD terpadu holistik,integratif mmerlukan sinergitas program dan koordinasi yang efektif disemua stakeholder terkait dan anggaran yang responsif dari pemerintah di wilayah masing-masing serta komitmen para pengelola. 

Bukan hanya itu  Bunda PAUD di setiap wilayahnya dalam merancang program, harus melibatkan dan melakukan koordinasi dengan penyelenggara PAUD,segenap unsur masyarakat termasuk orangtua anak usia dini, organisasi perangkat daerah atau opd terkait, dunia usaha dan mitra kerja lainnya serta melakukan monitoring,supervisi,memotivasi dalam melakukan pengembangan penyelenggaraan PAUD yang berkualitas dengan menyampaikan contoh yang telah dilakukan selama ini.

"Menuju generasi yang sehat dan cerdas dan berkualitas tentu dimulai sejak anak dihamilkan dan kesehatan ibu yang hamil perlu didukung dengan gizi dan nutrisi janin serta stimulasi serta vitamin. Begitu juga bayi setelah lahir perlu adanya ASI serta imuniasi,vitamin dan deteksi stimulasi kognitif yang dmulai anak berusia 0 sampai 6 tahun,"Kata Andi Ruskati.

Andi Ruskati mengemukakan, peran PAUD tentunya dalam mendukung program Nasional PAUD yang berkualitas,dimana dibutuhkan adanya pemikiran,,sosialisasi,advokasi pelaksanaan gerakan PAUD yang memerlukan peran masyarakat,pengelola pembina dan tenaga pendidikan dalam mewujudkan PAUD yang berkualiats baik dipusat dan di Sulawesi Barat Khususnya .

Selain itu tentunya dibutuhkan sinergitas pada semua stakeholder PAUD guna mendukung pelaksanaan layanan PAUD untuk mewujudkan PAUD yang berkualitas yang terpadu holistik,intergrasif di Provinsi Sulbar. Dengan meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan PAUD terpadu Holistik,integratif guna menfasiliasi upaya mempersiapkan generasi yang sehat yng cerdas dan berkarakter sebagai SDM ujung tombang pembangunan baik di Sulbar yang menghasilkan SDM yang berkualitas produktif dan tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

 

 

 

 

 

Read 63 times Last modified on Kamis, 15 Oktober 2020 20:18
(0 votes)