23 Jul 2020

Selamat Hari Anak Nasional, Anak Sehat Anak Terlindungi

Pemerintah Sulawesi Barat Mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2020. Semoga anak anak Indonesia sehat dan terlindungi sehingga menjadi penerus bangsa kedepan Ungkap Kadis pemberdayaan perempuan dan Anak Sulbar Darmawati Ansar.

Dijelaskan Darmawati Ansar  bahwa Hari Anak Nasional Diperingati Setiap Tahunnya . Peringatan HAN tahun ini digelar secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dengan tema Anak Terlindungi Indonesia Maju yang dilaksanakan tepat hari Kamis tanggal 23 Juli 2020 dan dihadiri Menteri PPPA IGusti Ayu Bintang Darmawati serta para undangan Seluruh Gubernur Seluruh Indonesia. Peringatan Hari Anak Nasional merupakan bagian penting dalam upaya bersama pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia. 

Pada sambutan Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menjelaskan balik sejarah Hari Anak Nasional yang  melalui proses yang cukup rumit hingga ditetapkan setiap tanggal 23 Juli oleh mantan Presiden RI  ke 2 Soeharto. Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli dan ada sejarah  alasan yang mendasari hal ini. Bermula pencetusan Hari Kanak-Kanak Indonesia di era Presiden Sukarno (Orde Lama) yang berproses cukup rumit, hingga nantinya diganti oleh Presiden RI ke-2 Soeharto pada 1984. 

Menurut Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPAI), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Caranya adalah dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air. Hingga saat ini, peringatan HAN dirayakan dengan berbagai kegiatan. Bahkan, KPPAI telah menyediakan pedoman penyelenggarakan peringatan HAN dengan dukungan penuh dari pemerintah. 

Selain itu disampaikan pula sekretaris Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak dr Marintani Erna , bahwa dihari Anak Nasional tentu banyak harapan untuk anak anak Indonesia. Kita menginginkan agar anak anak tumbuh dengan sehat dan mendapat perlindungan dalam.masa pertumbuhan dan diharapkan semua pihak dapat menjadi pendorong dan pelindung  dalam tumbuh kembang anak agar mereka tumbuh menjadi penerus yang hebat dan aktif.

Read 317 times Last modified on Kamis, 23 Juli 2020 15:44
(0 votes)