01 Mei 2020

Arwan Aras Ditengah Pandemik Covid 19, Bagikan APD Di Seluruh Rumah Sakit Se Kabupaten Sulbar

 Anggota DPR RI Dapil Sulbar H. Arwan M Aras Tammauni sebagai wakil rakyat yang memiliki rasa tanggungjawab dan perhatian terkait  wabah covid yang menimpa dunia bahkan Sulbar, nampaknya semakin bersemangat menujukkan perhatian dan solidaritasnya ditengah masyarakat. 

Betapa tidak, sebulan belakangan ini, memang Politisi muda PDI Perjuangan itu terus proaktif membantu warga dan para tenaga medis di Sulawesi Barat dalam menghadapi corona virus (Covid-19).

Akibat penerapan PSBB di Jakarta menjadikan politis muda ini berada di Mamuju selama masa covid. Namun ditengah pandemi dia tidak tinggal diam saja, dia terus melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait di Jakarta, Arwan meminta agar pusat memberikan perhatian kepada Sulbar berupa APD. Sehingga saat ini bantuan APD menurut Arwan sudah cukup. Namun perlu dilakukan distribusi yang baik oleh pihak pihak terkait. 

Secara khusus Arwan juga meminta agar pihak terkait di jajaran pemprov agar  bisa lebih proaktif melakukan koordinasi dengan pihak kabupaten dan memberikan penyaluran distribusi APD secara cepat di enam Kabupaten. Khususnya Kabupaten yang terdampak Covid. Jangan sampai kita terlena dengan kondisi sehingga pada akhirnya kita baru terbangun untuk.melakukan pembenahan atau tindakan dan pada akhirnya kata terlambat yang terucap, jangan sampai itu terjadi tutur Arwan. 

" yang paling terpenting adalah perawat  Mereka harus kita lengkapi dengan APD yang lengkap dalam menghadapi pasien covid 19 baik perawat yang bertugas di puskesmas maupun dirumah sakit yang ada di kabupaten dan rumah sakit yanga ada di provinsi. Ini sangat perlu diperhatikan  sehingga diharapkan perawat bisa terjaga dan tidak  mengakibatkan  terkena virus icovid 19 ,"Ujarnya. 

Secara terbuka Arwan menjelaskan  bahwa bantuan yang diberikan kepada beberapa puskemas dan rumah sakit kabupaten dan rumah sakit bayangkara serta Rumah sakit provinsi tersalurkan dengan lancar. Bagi Arwan dirinya bukan saja dari  dapil   mateng akan tetapi dirinya adalah wakil dari Sulbar yang akan memberikan pengabdiannya untuk masyarakat di enam kabupaten. 

Ditambahkan pula bahwa bantuan dari pusat, kiranya dapat mencukupi di enam kabupaten dan diharapkan pemprov bisa mendisribusikan secara cepat di enam kabupaten. 

Selain bantuan pemerintah pusat Arwan pun juga secara pribadi memberikan bantuan dengan pembelian APD. Sehingga pada Jumat (1/5/2020) selepas makan sahur, Arwan Aras kembali membuktikan kepeduliannya dengan mendistribusikan bantuan ke seluruh Kabupaten di Sulawesi Barat.

Bantuan yang didistribusikan kali ini tidak hanya untuk warga, namun sasarannya ke sejumlah Rumah Sakit (RS) di Sulawesi Barat, seperti RS Majene, RS Polman, RS Mamasa, RS Pasangkayu dan RS Mamuju Tengah (Mateng).

“Tadi malam memang sudah dipeacking oleh tim. Dan selepas sahur ini baru kita distribusi ke Kabupaten-kabupaten. Yang kita bantu ini adalah masker kesehatan sebnyak 8000 pcs, kemudian Hand Sanitizer sebanyak 1.311 botol. Ini hasil kerjasama dengan BNPB,” sebut Arwan Aras.

Menurutnya, masker kesehatan dan hand sanitizer ini dikhususkan untuk kebutuhan Rumah Sakit di beberapa Kabupaten, mengingat pasien semakin meningkat akibat intensitas masyarakat yang terinfeksi corona ini juga semakin tinggi.

“Karena pasien positif semakin bertambah, tentu kebutuhan juga semakin meningkat. Olehnya, kita juga ikut membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan ini,” ucapnya.

Selain untuk kebutuhan medis, tambah Arwan, pjhaknya juga mendistribusikan bantuan masker non medis untuk masyarakat sebanyak 11.400 pcs. Masker non medis ini akan dibagikan kepada Masyarakat di Sulawesi Barat.

“Masyarakat juga kita bantu masker. Ini yang kesekian kalinya. Meskipun tidak begitu banyak, tapi bantuan ini diharapkan benar-benar bermanfaat dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona,” harap Arwan.

Untuk Hand sanitezer  yang dibagikan sebanyak 1.311  yang terbagi sebanyak 6 dos untuk mateng, Majene 5 dos, mamasa 4 dos dan Pasangkayu 4 dos. 

Tak hanya itu, Anggota Komisi VIII DPR RI ini juga mendistribusikan bantuan Al Quran, Tafsir, Juz Amma dan Surah Yasin ke beberapa Masjid dan TPA di Sulawesi Barat. Bantuan ini atas kerjasama dengan Kementerian Agama RI.

“Karena pemerintah menganjurkan kita di rumah saja, apalagi di masa-masa bulan ramadhan seperti sekarang ini, kita juga butuh kebersihan batiniah kita. Itulah sebabnya, kita juga distribusikan bantuan berupa Al Qur’an, Tafsir dan sebagainya,” ujar Arwan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak Covid-19 melanda Sulawesi Barat, Arwan Aras memang telah melakukan sejumlah upaya dan aksi sosial baik selaku anggota DPR RI maupun selaku Ketua Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Sulawesi Barat.

Arwan menggerakkan pengurus BAGUNA PDI Perjuangan Sulbar untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah rumah ibadah dan sekolah, pembagian ribuan masker dan hand sanitizer, penyaluran bantuan 500 Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, pembagian ribuan paket sembako, dan bantuan sosial lainnya.(

Read 256 times Last modified on Sabtu, 02 Mei 2020 00:07
(0 votes)