09 Mar 2020

Gubernur Serahkan Bantuan Mesin Pengemasan Sagu

 

Kominfo Sulbar -- Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyerahkan bantuan mesin pengemasan sagu kepada salah satu industri kecil menengah (IKM) Cahaya Duta Palili di Desa Basseang, Kecamatan Matakali, Sabtu, 7 Maret 2020

" Mesin ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga produksi tepung sagu, utamanya dalam mengemas bisa lebih cepat. Dengan demikian, permintaan dari luar bisa lebih cepat dikirim, dan kemasannya juga sudah lebih  bagus," kata Ali Baal.

 

Ia juga meminta kepada Cahaya Duta Palili untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pengolahan sehingga pemasarannya bukan hanya lokal, tapi juga bisa diexport ke luar negeri.

Kepala Disperindagkop Sulbar, Amir Maricar menyebutkan bahwa mesin pengemasan sagu bersumber dari APBD Pemprov Sulbar  tahun 2019. 

" Selama ini masih dikemas manual dan agak lama sehingga dengan mesin ini bisa lebih mempercepat pengemasan," kata Amir Maricar

Pembina IKM Cahaya Duta Palili, Abd.Thalib menyampaikan, sejak adanya mesin pengemasan sagu tersebut, yang dulunya dikemas secara manual , saat ini produksi yang dihasilkan bisa lebih meningkat.

"Kalau dulu manual , sekarang  produksi bisa smpai 10 ton per minggu, " kata Abd. Thalib

Disebutkan, untuk permintaan dari luar sudah sangat banyak, bahkan dari Papua, baru-baru ini sudah ada permintaan sebanyak 50 ton. 

"Sedikit demi sedikit sudah dikirim, pengiriman dikirim tiga kali per minggu, insyaallah terpenuhi. Kualitas yang kita hasilkan juga sudah lebih baik. Hanya saja, sambungnya, dengan kondisi musim hujan saat ini terkendala penegeringan, sehingga kedepan diharapkan membutuhkan mesin pengering," kata And. Thalib. (rls)

 

Read 874 times
(0 votes)