26 Nov 2019

Safar, Ini Bukan Pilihan Tetapi Keharusan Dalam Mewujudkan Satu Data Indonesia

Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar melaksanakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pengolahan/Penginputan Data Statistik Sektoral Lingkup Pemprov Sulbar Tahun Anggaran 2019 di Ruang Pertemuan Lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Senin, 25 Nopember 2019. Pada rapat di hadiri Sekprov Sulbar, Muhammad Idris dan didampingi kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin, Sekdis Kominfo Sulbar Andi Yasin, Kabid TIK Persandian dan Statitik Almaes, Pemateri Muh. Saifur Rijal para peserta dari lingkup pemprov Sulbar dan Kabupaten Se Sulbar.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Kominfo Sulbar Safaruddin Sanusi mengatakan bahwa  infrastruktur dan sumberdaya manusia harus terus di tingkatkan baik di kabupaten maupun di OPD Kominfo Provinsi. Kita harus terus berbenah dan  terus melakukan perbaikan setiap tahunnya, khususnya tentang perbaikan data.  

"Dibutuhkan dorongan dan keseriusan di semua pihak baik opd lingkup Sulbar maupun kabupaten untuk bisa bersama - sama bersinerjik mewujudkan satu data Indonesia sesuai harapan pimpinan. Karne kunci keberhasilan ada ditangan kita, ujarnya. 

Apalagi dinas Kominfo merupakan wali data, baik dilingkup opd maupun pemprov. Untuk itu, saya meminta dukungan dari sekda agar bisa memberikan arahan dan dukungannya. 

Disebutkan Safar bahwa masih ada 13 OPD dan 3 Kabupaten yang belum sempat menghadirikan staf operatornya. Diharapkan kedepan adanya keseriusan dan komitmen khususnya 2020. "ini bukan pilihan tetapi ini keharusan yang wajib dilaksanakan untuk mewujudkan Satu Data Indonesia. Pelatihan ini sangat penting untuk melatih para operator dalam menginputan data di kantor masing-masing,sehingga diminta upaya dan dorongan dari para pimpinan OPD , baik OPD provinsi maupun kominfo kabupaten, karena OPD merupakan pemegang kunci data administrator. Ungkap Safar.  

"saya meminta bantuan sekda untuk bisa mendorong kegiatan ini. Sehingga OPD bisa lebih serius menyiapkan  staf operator yang bertugas di opd masing masing. Walaupun kita ingin mewujudkan SDI tetapi tidak ada keseriusan maka akan sia-sia apa yang kita kerjakan, "tegas Safar    

Selain itu Safar juga menjelaskan juga pada setiap OPD memiliki operator khusus statistik, karna statistik merupakan suatu ilmu yang berbeda dengan operator IT," kata Safaruddin

Ia juga menjelaskan agar operator tidak di ganti dan menempatkan orang-orang yang telah memiliki pengetahuan dan dasar tentang statistik. Kegiatan ini juga terus berlanjut dan saat ini tentang melatih secara teknis langsung pengisian operator tentang bagaimana penginput data,standar data dan latihan lainnya.  

"Kunci kemajuan daerah kita tidak terlepas dari peran kita semua OPD. Untuk itu, sangat mengharapkan keseriusan dari para kepala OPD baik Provinsi maupun Kabupaten untuk bersama-sama berkomitmen bagamana mewujudkan Satu Data Indonesia dan demi mewujudkan Sulbar kedepan," tandan mantan Karo Umum itu

 

 

 

Read 470 times Last modified on Selasa, 26 November 2019 16:31
(0 votes)