15 Nov 2019

Wagub, Upaya Promotif Dan Preventif Hidup Sehat Itu Perlu Dikedepankan

Enny: Upaya Promotif dan Preventif Hidup Sehat Perlu Dikedepankan

Kominfo Sulbar -- "Pembangunan kesehatan merupakan upaya oleh seluruh komponen bangsa, oleh sebab itu upaya promotif preventif perlu dikedepankan," kata Enny Anggraeni Anwar pada peringatan Hari kesehatan nasional ke-55 di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulbar, Jumat 15 November 2019.

Ia juga mengatakan, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa, peringatan HKN telah bergerak dari tahun ke tahun menjadi rangkaian kegiatan yang tidak saja dimiliki oleh Kementerian Kesehatan.

Masih kata Enny, selaras dengan komitmen Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan yang bertujuan menggalakkan upaya untuk mengakhiri, mendorong hak asasi manusia,dan memberikan perhatian terhadap keterkaitan antara kemajuan sosial dan ekonomi serta perlindungan lingkungan hidup, maka jelas ditetapkan Visi dan Misi Presiden RI, pada agenda Prioritas (Nawa Cita) ke -5 yakni meningkatkan kualitas hdup manusia Indonesia.

"SDM  yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa. Peringatan HKN telah bergerak dari tahun ke tahun, menjadi rangkaian yang tidak saja dimiliki eloleh kementerian kesehatan, tetapi juga oleh pemerintah daerah, kementerian/lembaga daerah, kementerian/lembaga terkait, organisasi masyarakat, akademis, hingga sektor swasta," sebut mantan anggota DPR RI itu

Ia juga menyampaikan, dalam rangka mempercepat dan mensinergíkan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna menĺngkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit, maka pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden NO. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Upaya promotif dan preventif hidup sehat memerlukan peran aktif seluruh masyarakat, maka saya menghimbau kepada semua yang hadir di sini untuk terlibat aktif dalam menggerakkan seluruh masyarakat untuk hidup sehat."pungkasnya

Kegiatan tersebut juga dihari oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris, dan beberapa kepala OPD serta dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada sembilan tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Sulawesi Barat. (Kominfo)

 

 

Read 589 times Last modified on Jumat, 15 November 2019 21:44
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments