Print this page
19 Okt 2019

Jelang Pelantikan Presiden Dan Wapres RI, Kadis Kominfo Himbau Jaga Keamanan Dan Kondusifitas Daerah

Kominfo Sulbar -- Jelang pelantikan Presiden dan Wapres RI, tanggal 20 Oktober 2019, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM, mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga kondusifitas dan keamanan daerah.

“Mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat kami selaku Kadis Kominfopers mengimbau kepada kawan-kawan media, organisasi dan masyarakat, utamanya ASN untuk selalu menjaga keamanan dan kestabilan jelang dan hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI," kata Safaruddin .

Menurut mantan Plt.Sekwan tersebut, kondusifitas dan keamanan daerah sangatlah penting. Sehingga, khusus kepada media juga diharapkan membuat berita yang menyejukkan masyarakat.  Media yang membuat berita harus menyejukkan. 

"Kita juga hindari jangan sampai di lingkungan kita ada yang terprovokasi berita-berita hoaks yang menyebabkan timbulnya kericuhan kecil yang berujung pada kericuhan besar. Tentu ketika ada gejolak itu bisa berdampak luas," tegasnya.

Tak hanya kepada media, Ia juga mengimbau kepada para pengguna media sosial (Medsos) agar bijak dalam memosting status dan gambar, menshare dan berkomentar secara etis.

"Kepada pengguna medsos, seperti facebook,  WhatsApp, Twitter dan sebagainya, untuk tidak memposting hal-hal yang bisa memancing suasana kurang kondusif yang berdampak kepada perselisihan. Ini bisa berdampak luas. Untuk itu, sangat diharapkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah atau KPID untuk berperan aktif dalam mengawasi siaran TV,  baik nasional, lokal maupun TV swasta," sebutnya. 

Menurutnya, jika  hal tersebut  dibiarkan maka akan melahirkan ketidakstabilan dan rasa tidak aman terjadi di masyarakat. Salah satu dampaknya adalah pertumbuhan ekonomi, inflasi dan dampak-dampak negatif lainnya.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sulbar, saya sebagai perpanjangan tangan Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar kita jaga bersama-sama kondusifitas di momen pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ini. Kalau ada berita provokatif kita hindari bersama-sama. Kita semua ikut mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI bapak Ir. H. Joko Widodo dan KH. MA’ruf Amin," jelasnya.

Safaruddin juga menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada TNI-Polri yang selama ini menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat dengan baik. Sehingga, semua pihak juga diajak untuk memberikan dukungan secara optimal kepada TNI-Polri. 

Ia pun berpesan kepada semua elemen masyarakat, utamanya kepada para ASN untuk mencegah dan menangkal gerakan radikalisme yang marak terjadi, dan berpotensi menyebar di Provinsi ke-33 di Indonesia ini.  (Kominfo)

Read 609 times Last modified on Sabtu, 19 Oktober 2019 21:58
(0 votes)