04 Jul 2019

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulbar menggelar rapat teknis penilaian kerangka acuan (KA) rencana pelebaran ruas jalan Bts. Sulsel -Polewali - Majene - Mamuju

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulbar menggelar rapat teknis penilaian kerangka acuan (KA) rencana pelebaran ruas jalan Bts. Sulsel -Polewali - Majene - Mamuju, pada hari Kamis, tanggal 4 Juli 2019 di lantai II kantor Gubernur Provinsi Sulbar dan dibuka oleh Kabid Penaatan dan penataan PPLH Dinas Lingkungan Hidup, Drs Amran. Pada acara tersebut hadir pemateri dari Unhas Prof DR Hazairin Zubair,Asisten bidang perencanaan dan pemantauan BISPJN XIII Makassar, Arifuddin, Tim Teknis KPA Provinsi, Kadis Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Polman, Kadis Lingkungan Hidup Mamuju dan kepala bidang PPLH. 

Pada sambutannya, Amran mengatakan, pembahasan dokumen AMDAL rencana pelebaran ruas jalan Bts, Sulsel-Polewali-Majene-Mamuju di Provinsi Sulbar berdasarkan peraturan Menteri Negara Lingkungan hidup nomor 08 tahun 2013 tentang tata laksana penilaian dan pemeriksaan dokumen lingkungan hidup dilakukan oleh komisi penilaian provinsi karena rencana usaha dan kegiatan yang dilaksanakan berada dalam lintas kabupaten yang mencakup Kabupaten Mamuju, Majene dan Kabupaten Polewali.

Lanjut disampaikan pelaksanaan rapat teknis penilaian dokumen kerangka acuan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam proses penyusunan dokumen Amdal seperti yang dipersyaratkan dalam UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. "Setiap usaha atau kegiatan yang menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup perlu dianalisis sejak awal perencanannya, sehingga langkah pengenadalian dampak negatif dan pengembangan dampak positif dapat dipersiapkan sedini mungkin,ujar Amran.

Salah satu aspek pengembangan termasuk pembangunan Provinsi Sulbar yang perlu mendapatkan perhatian kita semua adalah pengelolaan sumber daya alam yang memerlukan pengelolaan secara terpaduyang meliputi, kebijaksanaan penataan,pemanfaatan,pengembangan,pemelihararaan,pemulihan,pengawasan dan pengendalian karena Sumber daya alam merupakan anugerah tuhan yang harus kita jaga. 

Read 47 times
(0 votes)