03 Jul 2019

Pada Peluncuran Kick Off Budaya Kerja Malaqbi, ABM Harapkan ASN Komitmen Wujudkan Ide Malaqbi

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama Sekprov Sulbar, Muhammad Idris pada acara peluncuran Kick Off Budaya Kerja Malaqbi Pemprov. Sulawesi Barat Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulbar, Rabu 03 Juli 2019. Peluncuran kick oof Budaya Kerja ini malaqbi selain dihadiri oleh Gubernur Sulbar Alibaal Masdar, Sekprov Sulbar  Muhammad Idris turut pula hadir ketua Darma Wanita Provinsi Sulbar Kartini Hanafi Idris, Asdep Kordinasi pelaksana kebijakan dan evaluasi reformasi birograsi akuntabilitas aparatur dan pengawasan III kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birograsi RI, Maftalina Sipayung,para Asisten Lingkup Sulbar,Staf Ahli Gubernur Sulbar, Pimpinan OPD Lingkup Sulbar dan para pegawai ASN lingkup Sulbar.  Selain peluncuran Kick Of Budaya Kerja juga dilaksanakan deklarasi dan pernyataan komitmen yang dibacakan oleh asisten III Djamila yang diikuti oleh pimpinan opd dan jajaran pegawai serta dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen off budaya kerja malaqbi oleh Pimpinan OPD dan Gubernur Sulbar Alibaal Masdar. 

Usai penandatangan, ABM menyatakan bahwa hal ini sebagai bagian kesungguhan dalam mengukuhkan diri sebagai pemerintah daerah yang ingin mempercepat perubahan yang fundamental . Alibaal Masdar mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan birograsi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaktif, berintegritas ,berkinerja tinggi,bersih dan bebas dari KKN, mampu melayani publik netral,sejahtera berdedikasi,dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara. Sesuai dengan kondisi birograsi yang diinginkan telah tercantum dalam peraturan Presiden nomor 81tahun 2010 tentang grand design reformasi birograsi dan peraturan Menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birograsi RI nomor 11 tahun 2015 tentang Road Map reformasi birograsi 2015-2019.

 

Masih katanya bahwa kegiatan ini juga bertujuan dilakukan sebagai perwujudan dari apa yang sudah dijabarkan pada misi yakni, mewujudkan pemerintahan yang bersih, modern dan terpercaya, juga sebagai komitmen kita bersama dalam mengembangkan nilai-nilai yang sangat dibutuhkan ASN Sulbar yaitu, Integritas,Displin, Etos Kerja terus Inovatif. Budaya kerja malaqbi adalah cara pandang ASN lingkup pemprov sulbar dalam melaksanakan tugas yang ditekuninya sesuai dengan nilai-nilai yang diyakini dan prinsip yang menumbuhkan keyakinan kuat atas dasar malaqbi. Dengan harapan budaya kerja malaqbi yang meliputi "Ide Malaqbi dapat menjadi suatu budaya serta gerakan perbaikan moral dan cara kerja yang mewarnai kehidupan kita dalam meningkatkan kinerja individu dan organisasi.

Dijelaskan kembali bahwa kata Malaqbi adalah sebuah kata memiliki makna yang mulia serta bermartabat yang menggambarkan harkat dan kedudukan yang tinggi bagi masyarakat Sulbar, yang tercermindari sikap dan tindakan seperti Malaqbi pau (tutur katayang sopan)malaqbi gauq (bertingkah laku) malaqbi kero (berprilaku yang baik)satu kata dengan perbuatan yang dijabarkn dalam kehidupan organisasi.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi suatu budaya serta gerakan perbaikan moral yang mewarnai kehidupan kita dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas individu dan organisasi dan akan menjadi suatu pandangan baru yang berorientasi pada perubahan cara berpikir,bekerja, bersikap dan berprilaku menuju smart ASN yang mendunia pada tahun 2025. Sehingga saya perlu mengingatkan pentingnya peranan setiap pimpinan dalam mengarahkan dan terus melakukan pembinaan pelaksanaan tugas bawahannya,"ujarnya.

Bukan hanya itu, pimpinan harus secara terus menerus meningkatkan mutu pengendalian dan pengawasan program yang dilaksanakan khususnya dalam menjalankan agenda reformasi birograsi dilingkup kerjanya, guna pencapaian optimalisasi kinerja ASN. Tentunya peningkatan kinerja bukan hanya masalah kuantitas, tetapi yang lebih penting adalah masalah kualitas seperti profesionalitas,integritas, moral dan kepekaan terhadap aspirasi rasa keadilan yang berkembang dalam masyarakat.

 

 

 

 

 

Read 185 times Last modified on Kamis, 04 Juli 2019 19:07
(0 votes)