27 Apr 2019

Survei Internet Gratis Desa Marasa

Survei Internet Gratis Desa Marasa

*Desa Ralleanak

 

Setelah selesai melaksanakan tugas di Desa Kebanga. Tim survei internet gratis Desa Marasa, Dinas Kominfo Sulbar melanjutkan perjalanan. Kali ini  yang dituju adalah sebuah desa di Kecamatan Aralle. Wilayah Kabupaten Mamasa yang berbatasan dengan Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene. Sekira pukul 14:05 WITA tim beranjak dari Kebanga ke jalan poros Mamuju-Mamasa. Kendaraan kami lalu belok kiri ke selatan menuju  Aralle. Kelurahan Aralle (Ibukota kec.Aralle) masih sekitar 8 km lagi. Kami tempuh kurang lebih 12 menit. 

Kami beristrahat sejenak di Kelurahan Aralle. Mengusir rasa lapar dan pegal pegal di sebuah warung di bumi Indo Kada Nenek Ini. Hawa dingin saat itu, menambah gairah melahap ikan mas bakar yang disajikan pelayan warung. Makan siang kami berkesan. Sangat jarang ada kesempatan makan ikan mas bakar. Bahkan diantara anggota tim survei, ada yang baru pertama kali makan ikan mas.

Kurang lebih 35 menit beristrahat, tim lalu melanjutkan perjalanan.  Desa Ralleanak berjarak kurang lebih 7,5 km dari Kelurahan Aralle. Menyusuri 3,5 km jalan poros, lalu belok kanan 4 km. Dari Aralle ke Ralleanak melintasi Desa Aralle Selatan dan Uhailano. Kondisi jalan dari poros ke Ralleanak relatif lebih baik dari jalan ke Desa Kebanga. Desa yang kami survei sebelumnya. Jalan menuju Ralleanak memang hanya mulus pada beberapa ruas saja, tapi setidaknya jalan yang tak berbeton adalah jalanan berbatu kerikil dan lubang tak terlalu besar yang masih bisa dan aman dilintasi.

 Sampai di ujung terdepan kampung Ralleanak, kami mengetahui letak kantor desa dan rumah kepala desa setelah bertanya ke seorang warga. Rumah kepala desa ternyata letaknya 100 meter sebelum kantor desa. Kami mencari rumah pak kades berdasarkan informasi warga tadi. Akhirnya mobil tiba di sebuah rumah kayu panggung dua lantai. Kami yakin bahwa sang pemilik rumah lagi kedatangan banyak tamu. Lebih dari sepuluh pasang sendal berada di depan pintu.

Dan ternyata benar, sewaktu kami mendekat, pak desa lagi berbincang dengan banyak orang. Mendengar sepintas obrolan mereka, nampaknya ramainya rumah pak desa berkaitan dengan pemilu yang baru saja dilaksanakan pekan lalu.  Saat kami masuk jelas nampak semangat dan rona kegembiraan semua yang ada di dalam rumah. Anak pak desa ternyata adalah seorang caleg DPRD Kab. Mamasa. Sudah hampir dipastikan lolos. Kursi kedua partai anak pak kades yang belum dapat dipastikan. Masih diperebutkan empat orang caleg. 

Melihat kami di depan pintu. Pak desa mempersilahkan masuk dan duduk. Kami langsung memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud kedatangan kami. 

Dari keterangan pak desa diperoleh informasi bahwa jaringan telkomsel belum mampu menjangkau wilayah ini. Termasuk oleh BTS terdekat yang ada di Desa Aralle Utara. "Inilah salah satu kendala di desa kami. Sampai saat ini belum ada jaringan" sebut  Abd. Rahman Tona, Kepala Desa Ralleanak.

Pak desa nampak sangat bersahabat. Diujung pembicaraan seputar internet gratis, perbicangan kami sempat diselingi dengan  obrolan ringan tentang pemilu. Mungkin pengaruh karena memang lagi musimnya. Setelah menggali beberapa data dan informasi sesuai format isian survei internet gratis Desa Marasa, kami mohon pamit. Tak lupa kami juga mohon izin agar diperkenankan ke kantor desa, mengambil titik koordinat serta dokumentasi kantor desa dan sekitarnya. Pak desa lalu memanggil seseorang untuk menemani tim survei. Kami lalu menuju kantor desa. Selesai mengambil data dan dokumentasi, tim bergegas pulang. Hujan semakin deras.  Jam tangan saya sudah menunjukkan pukul 16:27 WITA

Read 81 times Last modified on Sabtu, 27 April 2019 19:36
(0 votes)