01 Apr 2019

Bidang Layanan E Government Gelar Rapat Internal

Dinas kominfo Persandian dan Statistik Provinsi Sulbar menggelar rapat rutin Senin, 4 April 2019. Rapat berlangsung di ruang bidang Layanan e goverment dengan agenda evaluasi kerja dan rencana kerja dalam rangka implementasi pembangunan dan percepatan SPBE. Rapat dipimpin Kabid Layanan E-Gov dihadiri seluruh staf bidang layanan e government.

Diantara beberapa hal yang dievaluasi yang menjadi fokus pembahasan dalam rapat adalah persiapan bandwith untuk layanan jaringan internet Pemprov Sulbar dan rencana penerapan aplikasi SIMAYA.  Terkait SIMAYA, pada saat rapat mengemuka berbagai kendala dalam kunjungan bintek yang dilksanakan oleh tim simaya kominfo ke seluruh OPD kurang lebih dua pekan. Setelah kunjungan bintek ini, selanjutnya akan disusun laporan kegiatan untuk dilaporkan ke pimpinan, dalam hal ini Pak Sekda. Selain itu, terkait SIMAYA juga masih menunggu proses penyelesaian Pergub SIMAYA. "Setelah infrastruktur jaringan internet tuntas, bintek sudah dinilai maksimal, selanjutnya kita akan laksanakan lounching SIMAYA" sebut Kabid Layanan E- Government, Muh. Ridwan Djafar.

Selain soal persiapan jaringan internet Pemprov yang kapasitasnya meningkat dari  tabun lalu 100 Mbps menjadi 200 Mbps tahun ini dan rencana penerapan aplikasi SIMAYA. Rapat juga membahas rencana atau langkah kebijakan integrasi e government. Diantara beberapa langkah yang diputuskan adalah: penyatuan server yang ada di OPD lingkup Pemprov Sulbar, surat edaran moratorium pembangunan dan pengembangan aplikasi oleh OPD, untuk memenuhi kebutuhan SDM akan dilakukan penyatuan tenaga IT (ASN) yang ada di Pemprov di Dinas Kominfo Sulbar. Selain itu dibahas pula rencana program kerja dan kegiatan tahun 2020. Termasuk kegiatan yang mendukung percepatan dan pengembangan SPBE. "Khusus kegiatan comand center dan infrastruktur e-goverment akan dibuatkan proposal. Proposal comand center rencananya disusun tenaga ahli interior dan tenaga IT sementara proposal peralatan visual oleh bidang layanan e goverment" tutur Muh. Ridwan.

"Banyak hal yang kita  bahas terkait SPBE pada rapat internal ini. Merujuk harapan pak sekda, yang menginginkan terwujudnya optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu pak Sekda juga  mengharapkan terwujudnya integrasi, integrasi server, aplikasi dan data. Maka Dinas Kominfo sebagai salah satu OPD terkait diharapkan bisa maksimal memberi konstribusi. Kami merancang  agenda kerja untuk mewujudkan itu. Mudah mudahan nanti semuanya dapat berjalan lancar termasuk rencana penyiapan ruang eksekutif rapat di lantai III gedung kantor gubernur" pungkas Muh. Ridwan

Read 114 times Last modified on Senin, 01 April 2019 17:52
(0 votes)